Cara Menulis Artikel

No Comments


Hambatan terbesar dalam menulis adalah kita terlalu memikirkan ide yang akan kita tulis. Jika kita hanya mengingat ide yang ada difikran tentu saja tidak akan ada tulisan yang kita tulis. Jadi kita bisa menulis apa saja yang ada. Bagi penulis pemula seperti saya, yang paling penting adalah rasa percaya diri yang tinggi. Diperlukan kepercayaan diri tinggi untuk membagikan apa yang kita tulis pada orang lain.
Tidak perlu merasa malu jika akan menunjukan tulisan kita pada publik atau teman kita. Dalam belajar menulis kita tidak perlu memikirkan bagaimana komentar orang tentang tulisan kita. Kadang kita memang membayangkan jika orang menilai jelek tulisan kita. Jadi, dalam fikiran kita adalah bagaimana cara membuat tulisan / artikel yang bagus. Justru kata-kata itulah yang menghambat kita untuk terus menulis. Jika tulisan kita belum baik, tidak akan ada orang yang akan memarahi kita. Jadi, kenapa harus takut ?
Memang banyak hambatan untuk menulis, terutama penulis baru seperti saya. Harus banyak yang dipelajari untuk dapat membuat tulisan yang bagus. Juga harus sering membaca sebagai sarana menambah pengatahuan. Anggap saja mambaca adalah input dan tulisan yang kita buat adalah outpunya. Jika kita ingin output yang berkualitas, tentu saja kita harus memasukan input yang berkualitas juga. ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar tulisan kita di sukai banyak orang di antaranya memenuhi kriteria berikut ini :

1. Asli hasil tulisan sendiri
2. No Plagiat/bukan jiplakan
3. Buat judul artikel yang menarik
4. Mudah di pahami da dimengerti
5. Saling terhubung dan terkait
6. Tuntas dan Jelas

Sekali lagi jangan takut menunjukan tulisan kita pada orang lain. Karena jika tulisan kita dianggap jelek orang yang membaca tidak akan marah-marah pada kita. Dan jika hanya terpaku pada kualitas tulisan tentu saya tidak pernah menulis.

Selamat mencoba.